Setelah Casey Stoner memenangi 3 seri dari 4 seri MotoGP yang sudah digelar, orang-orang mulai bertanya, “mungkinkah Valentino Rossi menjadi juara dunia tahun 2007 ini?”. Sebagian orang optimis bahwa Rossi mampu menjadi juara dunia yang ke delapan kalinya, sebagian yang lain meragukan, bahkan mungkin di antara anda ada yang menjawab: “au.. ah, gelap?”
Berdasarkan empat gelaran MotoGP pertama, tulisan ini mencoba mereka-reka kemungkinan Rossi menjadi juara dunia MotoGP 2007. Review terhadap masing-masing seri coba diulas untuk menghitung kemungkinan Rossi menang pada tiap seri berikutnya. Prediksi perolehan poin juga dihitung untuk menemukan perkiraan total poin pada akhir seri.
Pada GP Qatar di sirkuit Losail pada 10 Maret 2007, Casey Stoner mampu mengasapi Rossi yang harus puas pada posisi kedua. Meski beberapa kali Rossi mampu mengambil alih posisi di tikungan, namun Stoner selalu dengan mudah mengambil kembali posisinya pada track lurus sepanjang lebih dari 1 km (1.068 m).
Seri GP berikutnya dilaksanakan di sirkuit
GP Turkey di sirkuit
GP China di Sirkuit
Kesimpulannya, Rossi akan mudah ditaklukkan oleh Stoner pada sirkuit-sirkuit yang memiliki lintasan lurus yang panjang. Rossi mungkin hanya akan mampu bersaing dengan ketat pada sirkuit dengan lintasan lurus antara 800 hingga 900 meter. Sedangkan pada sirkuit dengan lintasan lurus kurang dari 800 meter diprediksi Rossi akan menunjukkan dominasinya. Terbukti, Rossi takluk pada GP Qatar dan GP China yang sirkuitnya memiliki lintasan lurus lebih dari 1 km. Sedangkan kekalahan pada GP Turkey lebih banyak ditentukan factor lain, yaitu kemampuan ban.
Nah, berdasarkan kesimpulan tersebut, maka hitung-hitungan perolehan poin pada seri MotoGP berikutnya dapat diprediksi dengan mendasarkan pada karakteristik sirkuit. Prediksi berikut ini mengesampingkan berbagai factor lain yang juga turut menentukan kemenangan seorang pembalap seperti kemampuan ban, cuaca, kondisi fisik dan mental, dan banyak factor lainnya. Asumsi prediksi peluang Rossi menjuarai MotoGP 2007 ini adalah bahwa posisi pertama dan kedua hanya diperebutkan oleh Rossi dan Stoner. Hal ini didasarkan pada data bahwa posisi pertama dan kedua pada 4 seri MotoGP pertama didominasi oleh Rossi dan Stoner. Tentu saja dalam balap sesungguhnya, perebutan posisi pertama diperebutkan oleh banyak pembalap. Ada John Hopkins, Dani Pedrosa dan Toni Elias yang menjadi ancaman serius di belakang mereka berdua.
Jadi, berdasarkan karakteristik sirkuit pada seri MotoGP berikutnya, maka disusun prediksi kemungkinan menang Rossi dan Stoner serta koleksi perolehan total poin mereka. Hasilnya, lihat saja pada table di bawah ini. Siapakah calon juara dunia MotoGP 2007?
No | Sirkuit | Panjang | Lurus | Posisi | Prediksi | Perolehan Poin | |||
Rossi | Stoner | Rossi | Stoner | Rossi | Stoner | ||||
1 | Losail-Qatar | 5.380 m | 1.068 m | 2 | 1 | - | - | 20 | 25 |
2 | Jerez-Spanyol | 4.423 m | 600 m | 1 | 5 | - | - | 25 | 11 |
3 | Istanbul-Turkey | 5.340 m | 720 m | 10 | 1 | - | - | 6 | 25 |
4 | Shanghai-China | 5281 m | 1.202 m | 2 | 1 | - | - | 20 | 25 |
5 | Le Mans-Perancis | 4.180 m | 450 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
6 | Mugello-Italia | 5.245 m | 1.141 m | - | - | 2 | 1 | 20 | 25 |
7 | Catalunya-Spanyol | 4.727 m | 1.047 m | - | - | 2 | 1 | 20 | 25 |
8 | Don. park-Inggris | 4.023 m | 546 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
9 | Assen-Belanda | 4.555 m | 970 m | - | - | 2 | 1 | 20 | 25 |
10 | Sach.-Jerman | 3.671 m | 780 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
11 | Laguna Seca-USA | 3.610 m | 966 m | - | - | 2 | 1 | 20 | 25 |
12 | Brno-Czeko | 5.403 m | 636 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
13 | Misano-Italia | 4.180 m | 565 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
14 | Estoril-Portugal | 4.182 m | 986 m | - | - | 2 | 1 | 20 | 25 |
15 | Motegi-Jepang | 4.801 m | 762 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
16 | Phillip Isl.-Australia | 4.448 m | 900 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
17 | Sepang-Malaysia | 5.548 m | 920 m | - | - | 2 | 1 | 20 | 25 |
18 | Valencia-Spanyol | 4.005 m | 876 m | - | - | 1 | 2 | 25 | 20 |
| Total Prediksi Poin Akhir | | | | | | 391 | 396 |
Wow, ketat banget
Sumber:
- http://en.wikipedia.org/
- otosport, no. 4/19 April 2007
- www.pitstop.com.my.
- www.yamaha-motor.co.jp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar